Minggu, 07 Oktober 2012

Berapakah Batas Waktu Maksimal Memandang Monitor dan Televisi Dalam Sehari?



Departemen Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan AS baru-baru ini merilis laporan tentang batas waktu maksimal memandang monitor komputer dan juga televisi dalam sehari, yaitu maksimal hanya 2 jam dalam sehari.

Menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan via Journal of Pediatrics, golongan remaja dan anak-anak pada saat ini telah melampaui batas maksimal tersebut hingga 66 persen. Lebih parah lagi, jutaan profesi/pekerjaan mengharuskan para karyawan mereka untuk menghadap monitor komputer selama 8 jam dalam sehari, dan hal tersebut jelas berpotensi besar merusak kesehatan mata mereka.

A Healthier Michigan juga mencatat bahwa ketika seorang pengguna memfokuskan pandangan mereka pada layar dalam jangka waku yang lama, otot-otot kecil dalam mata mereka akan terus berkontraksi, dan hal tersebut mengakibatkan keletihan, kaburnya penglihatan dan juga kesulitan untuk memfokuskan pikiran.

Seseorang umumnya mengedipkan mata antara 12-15 kali per menit, namun ketika berfokus terhadap layar televisi/monitor komputer, frekuensi kedipan mata yang sekaligus berfungsi untuk membasahi bola mata tersebut berkurang menjadi hanya sekitar 4-5 kali per menit, dan berakibat pada keringnya bola mata atau gatal-gatal.

Faktor artificial backlighting yang digunakan di berbagai jenis layar juga mampu membuat pandangan mata mengerut, tergantung pada tingkat brightness dari sebuah layar, serta kemampuan si pengguna untuk mempertahankan tingkat fokus tersebut dalam jangka waktu yang lama.

Menatap sebuah layar juga mampu mengakibatkan gejala sensitivitas pada cahaya, yang mengakibatkan beberapa orang mengalami sindrom Computer Vision Syndrome (CVS), yang meliputi pandangan mata kabur, sakit kepala, dan susah berkonsentrasi. Sindrom CVS tersebut telah menyerang sekitar 150-200 juta orang karyawan di AS, dan menyebabkan peningkatan jumlah penderita gejala rabun jauh sebesar 66 persen di 25 tahun terakhir.

Untuk meminimalisir dampak-dampak tersebut, ada baiknya Anda sering mengistirahatkan mata Anda dengan cara mengalihkan pandangan mata dari monitor sesering mungkin, menggunakan jarak pandang yang tidak terlalu dekat, berkedip sesering mungkin, dan juga menggunakan filter monitor untuk meminimalisir jumlah ekspos cahaya yang ditangkap oleh mata.




sumber: gopego.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar